Agendakota Terpilih 45 Besar Indigo Creative Nation 2016 Batch I

10:07:00 AM


What is Indigo ?
Indigo is an integrated incubation & acceleration program that give supports to selected Startup such as access to market, business, and technical consultancies, as well as starting funds with the chance of receiving follow on funding.

Equipping startup with strong fundamentals and scalable growth engine is the main goal of the program, with a vision to build strong startup ecosystem in Indonesia. 


Yah, seperti itulah pengertian tentang Indigo yang saya kutip di halaman website http://indigo.id Program yang bertujuan untuk mengingkubasi dan mengaselerasi bisnis startup digital untuk memperluas akses pasar serta konsultasi teknikal juga pemahaman industri bisnis digital di Indonesia. program ini di fasilitasi oleh Telkom Indonesia.

Menjadi sebuah kebanggan tersendiri saat melihat pengumuman di website Indigo, bahwa Agendakota yaitu startup platform direktori informasi event yang mempertemukan penyelenggara event , brands, pengguna serta vendor vendor penyelenggaraan event dan pemilik venue menjadi satu dalam satu platform. Startup yang kami dirikan ini sejak tahun 2013 yang lalu memang fokus menginformasikan agenda event yang terjadi di seluruh kota di Indonesia seperti : Jakarta, Bandung, Surabaya, Malang, yogyakarta, Bali, medan dll.
Tanggal 23 Mei 2016, pengumuman seleksi tahap kedua Indigo creative nation dan kami terpilih 45 besar diantara 300 proposal startup yang masuk ke panitia penyelenggara. inilah hasil pengumuman yang di capture oleh rekan saya yang bernama ira melalui ponsel nya yang memberi tahu saya dan tim lain nya dengan mengunggah ke path.



Pengumuman 45 besar Startup yang masuk seleksi ke tahap berikut nya di website Indigo 2016
Dengan Waktu 2 hari yang diberikan panitia Indigo 2016 untuk berangkat ke jakarta dan mempresentasikan startup kami, membuat kami kelimpungan mempersiapkan kebutuhan pada saat disana.
Saya dan rekan saya berjumlah 3 orang membagi tugas, saya mempersiapkan Materi presentasi, Ibro kumar mempersiapkan bahan video explainer, dan Ira Moy memastikan kita dapat tiket pesawat serta penginapan sewaktu kita di jakarta nanti.
Dengan budget yang super minim ( maklum budget startup bro ) dengan persiapan yang apa adanya tibalah kami di jakarta, di jemput seorang teman yang super baik hati dan mengantarkan kami mulai mencari makan sampai ke kamar hotel.
pukul 21.30 WIB kita sampai di hotel Gallery paragon. kami memesan 1 kamar double bed plus extra bed untuk kami tempati tiga orang.
tidak langsung istirahat ataupun mandi, kami langsung membuka laptop masing-masing memastikan materi tidak ada yang terlwatkan. karena waktu yang cukup mepet itu saya menyelesaikan slide presentasi untuk di presentasikan ke investor nanti. sampai akhirnya waktu menunjukkan pukul 01.00 WIB selesai dan mata saya pun tak sanggup lagi melihat ke depan laptop. ibro telungkup tidur di depan laptop nya dengan earphone masih menempel di telinga .

Suasana Kamar Hotel tempat kami menginap
 Hari Rabu. 25 Mei 2016, tiba saat nya waktu yang di tunggg-tunggu datang dan kami dengan percaya diri siap menghadapi apapun yang akan terjadi nanti. meski nervous karena ini pengalaman pertama kami bertemu dan presentasi bisnis di depan calon investor dan juri, sampai- sampai saking nervous nya kami hanya sarapan scramble egg ( telor orek) dan air putih, sengaja tidak makan berat karena takut saat waktu kita presentasi kita sakit perut.

PD Sebelum berangkat presentasi.
Kami tiba di Menara Multimedia Telkom di daerah Kebun sirih Jakarta sekitar pukul 08.00 WIB. satu jam sebelum waktu yang di tentukan panitia yaitu pukul 09.00 WIB, Petugas security mempersilahkan kami ke lantai 6 gedung itu. Sesaat sampai disana kami terkejut karena suasana kantor masih sepi, hanya ada beberapa orang terlihat. sempat terlintas dibenak saya dan teman-teman " apa kita salah tempat ya ? ". tapi saat saya tanya pada karyawan yang kebetulan kami temui, memang benar di sini tempat nya. dan kamipun di persilahkan duduk.
beberapa saat kemudian datang peserta lain yang berasal dari jogjakarta dan salah seorang panitia menyodorkan selembar kertas absensi pada kami. 
tepat jam 09.00 WIB. Karena kami datang duluan kami di persilahkan untuk masuk ke ruangan yang ternyata di dalam nya sudah ada sekitar 10 orang juri yang siap mendengar presentasi kami. 
saya tidak bertanya banyak soal aturan main nya, cuma panitia mengingatkan sebelum kami masuk kedalam ruangan dan kami di beri waktu 10 menit untuk presentasi dan 5 menit untuk tanya jawab. 



Bismillahirahmanirahim .....

Saya mulai presentasi dengan cukup gugup melihat mereka seperti siap menerkam saya dengan pertanyaan -pertanyaan yang akan menyudutkan saya.
baru 3 slide saya buka sudah ada tim juri yang mulai gak sabar sepertinya untuk bertanya mengenai apa yang saya presentasikan. saat saya melanjutkan slide ke -4 barulah ada salah seorang juri yang mulai bertanya : " Apa yang membuat bisnis anda berbeda dengan kompetitor anda ? " sesuai perkiraan pertanyaan ini pasti muncul, saya pun dengan ekspresi yang campur aduk mencoba menjawab dengan tenang apa yang membuat kami beda dari kompetitor. tapi bukan juri nama nya kalo hanya puas dengan satu jawaban. tanya lagi dan tanya lagi... sampai slide yang saya siapkan sebanyak 12 slide hanya terbuka 6 slide waktu sudah habis.
Sedikit kaget karena saya belum puas dengan serangan pertanyaan dari juri dan slide saya belum selesai. sedikit kurang paham dengan aturan main nya, tapi ya itulah kompetisi. kami siap dengan apapun hasil nya.


Terimakasih Indigo



Sam

1 Juli 2016



You Might Also Like

0 comments

Subscribe