6 Bacaan Wajib Founder untuk membuat startup kelas dunia

10:30:00 PM

Persaingan di dunia startup yang semakin ketat menuntut para founder nya untuk mendapatkan ilamu sebanyak-banyak nya agar mengungguli pesaingnya. Buku adalah salah satu sumber ilmu utama bagi para founder untuk mempelajari bagaimana cara mengembangkan sebuah startup yang benar-benar memecahkan masalah. Berikut ini adalah 6 buku bacaan ytang di rekomendasikan buat para foudner untuk dapat membuat startup kelas dunia.

1. Buku ini membahas tentang bagaimana seharusnya startup itu dibuat. The Lean Startup ini sendiri adalah suatu metode yang digunakan untuk meminimalisasi biaya kegagalan pada suatu startup. Pelajaran populer yang terkenal dari buku ini adalah tentang konsep Build-Measure-Learn, Validated Learning dan Innovation Accounting.

2. Buku ini berisi tentang cara membuat sebuah startup yang dibahas secara keseluruhan secara bertahap. Buku ini juga menitikberatkan pada 'practicality', jadi apa yang dibaca pasti bisa langsung diterapkan. Tujuannya adalah agar para pendiri startup pemula, ngga terjebak pada kegagalan yang biasa terjadi pada dunia startup. Mulai dari cara mencari ide, sifat kepemimpinan, hingga cara pitching produk kepada investor. Buku ini juga dilengkapi dengan pengalaman Guy Kawasaki selaku evangelist dari Apple & Canva.

3. Jika kalian ingin membuat produk yang digunakan orang setiap hari, maka buku ini adalah buku wajib yang harus kalian baca. Buku ini menjelaskan secara detail tentang bagaimana sebuah habit dapat terbentuk dengan sebuah aplikasi. Framework yang digunakan disebut dengan HOOK yang berisi Trigger, Action, Reward dan Investment.


4. Hal besar setelah Facebook bukanlah datang dari media sosial. Melainkan dari sesuatu yang baru. Sesuatu yang baru ini berarti membuat 0 menjadi 1 bukan 1 menjadi n. Buku ini juga menjelaskan tentang bagaimana cara sebuah perusahaan membangun monopoli dan yang terpenting adalah bagaimana mempertahankan monopoli tersebut.


5. Buku ini membahas secara rinci cara membuat startup dari awal. Konsep yang dititikberatkan adalah Customer Development, yaitu membuat sebuah startup dengan berlandaskan kebutuhan pengguna. Buku ini membahas secara paralel tentang membuat startup pada bidang mobile & website, serta bidang software dan startup yang berupa barang fisik. Pembahasannya sangat lengkap dan komprehensif.


6. Buku ini mengungkap rahasia dari Google untuk menciptakan sebuah produk yaitu dengan framework yang bernama “Google Design Sprint”. Dalam buku ini, diberikan juga panduan lengkap untuk mengadakan “sprint” untuk memecahkan masalah hingga jadi prototype hanya dalam 5 hari.

Infografik ini dipersembahkan oleh Kreavi.com danMetagraf.

You Might Also Like

0 comments

Subscribe